Minggu, 13 Agustus 2017

Kalsium Karbonat Sebagai Sebuah Senyawa

Kalsium Karbonat Sebagai Sebuah Senyawa - Hallo sahabat SALSABIN informasi yang kamu lihat saat ini adalah tentang Kalsium Karbonat Sebagai Sebuah Senyawa. Perlu diketahui bahwa Salsabin memberikan informasi ini dengan harapan berguna bagi kamu yang membutuhkannya. Semoga info yang berada pada kategori Kalsium, Sains, ini dapat menambah wawasan kamu. Akhir kata dari kami, selamat membaca.

Baca juga


Kalsium karbonat adalah senyawa kimia penting yang terdiri dari satu atom kalsium terikat pada satu atom karbon dan tiga atom oksigen. CaCO3 ialah rumus kimia dari kalsium karbonat. Kalsium karbonat umumnya bewarna putih dan umumnya sering djumpai pada batu kapur, kalsit, marmer, dan batu gamping. Selain itu kalsium karbonat juga banyak dijumpai pada skalaktit ataupun stalagmit yang terdapat di sekitar pegunungan.

Kalsium karbonat ialah bahan yang biasa di jumpai pada batu yang terdapat di seluruh bagian dunia, juga merupakan bahan utama dari cangkang organisme laut, boa arang, mutiara, siput serta kulit telur. Senyawa ini merupakan bahan aktif dalam kapur pertanian dan tercipta jika ion Ca dalam airkerasbereaksi dengan ion karbonat dan menciptakan limescale.

Karbonat yang terdapat pada skalaktit maupun stalagmit berasal dari tetesan air tanah selama ribuan bahkan juataan tahun. Seperti namanya, kalsium karbonat ini terdiri dari 2 unsur kalsium dan 1 unsur karbon dan 3 unsur oksigen. Setiap unsur karbon terikat kuat dengan 3 oksigen,dengan ikatan lebih longgar dari ikatan antara karbon dengan kalsium pada satu senyawa.

Kalsium Karbonat


Ciri-ciri kalsium karbonat adalah seperti berikut tidak mudah larut dalam air, bereaksi dengan acid membentuk larutan garam kalsium, karbon dioksida, serta air. Apabila kalsium karbonat dipanaskan dengan kuat maka akan terurai menjadi kalsium oksida dan karbon dioksida. Kalsium karbonat bila dipanaskan akan pecah dan menjadi serbuk remah yang lunak yang dinamakan calsium oksida (CaO).

Hal ini terjadi karena pada reaksi tersebut setiap molekul dari kalsium akan bergabung dengan 1 atom oksigen dan molekul lainnya akan berikatan dengan oksigen menghasilkan CO2 yang akan terlepas ke udara sebagai gas karbon dioksida dengan reaksi sebagai berikut: CaCO3 --> CaO + CO2. Reaksi diatas akan berlanjut apabila ditambahkan air, reaksinya akan berjalan dengan sangat kuat dan cepat apabila dalam bentuk serbuk.

Serbuk kalsium karbonat akan melepaskan kalor. Molekul dari CaCO3 akan segera mengikat molekul air (H2O) yang akan membentuk kalsium hidroksida, zat yang lunak seperti pasta, sebagaimana ditunjukkan pada reaksi sebagai berikut: CaCO3 + H2¬O --> Ca(OH)2 + CO2.


Demikianlah tentang Kalsium Karbonat Sebagai Sebuah Senyawa

Diharapkan informasi ini bisa berguna untuk kamu dan sampai jumpa pada informasi terupdate Salsabin berikutnya. Salam.

"Kamu telah membaca Kalsium Karbonat Sebagai Sebuah Senyawa dengan alamat link: https://salsabin.blogspot.com/2017/08/kalsium-karbonat-sebagai-sebuah-senyawa.html. Jika bermanfaat, silahkan di share ke sahabat-sahabat kamu. Ingatlah, 1 share adalah 1 kebaikan, jadi bagikanlah."

This post have 0 komentar

Terimakasih atas komentar positif yang anda berikan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post