Apa itu Mesin Diesel 2 Tak?
Mesin Diesel 2 Tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston, berbeda dengan putaran 4 tak yang mempunyai empat langkah piston dalam satu siklus pembakaran, meskipun keempat proses (intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga terjadi. Mesin dua tak juga telah digunakan dalam mesin diesel, terutama rancangan piston berlawanan, kendaraan kecepatan rendah seperti mesin kapal besar, dan mesin V8 untuk truk dan kendaraan berat lainnya.Antara mesin 2 tak dan mesin 4 tak masing-masing ada kelebihan dan ada juga kekurangannya. Dalam hal ini saya akan mengulas sedikit tentang mesin 2 tak, sebab salah satu kelebihan dari mesin 2 tak adalah pada mesin ini bobotnya lebih ringan dari pada mesin 4 tak, itulah sebabnya kenapa mesin 2 tak ini banyak digunakan pada mesin-mesin yang menggunakan mobilitas tenaga manusia seperti mesin pencacah rumput , mesin pelepah kelapa sawit, mesin pemotong kayu, dan mesin-mesin ringan lainnya. Untuk mengenal lebih jauh tentang mesin 2 tak, kita harus tau komponen apa saja yang terdapat di dalam sebuah mesin 2 tak.
Komponen Mesin Diesel 2 Tak dan Fungsinya
Dibawah ini disajikan beberapa komponen dasar sebuah mesin diesel 2 tak beserta fungsinya:Piston
Piston ini juga merupakan komponen pada mesin 2 tak, alat ini juga terbuat dari logam tahan panas, tugas utama dari piston ini adalah untuk mengompress campuran bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara dikompress di dalam ruang silinder. Untuk mengatasi kebocoran saat piston ini mengompress udara maka alat ini dilengkapi dengan sebuah cincin yang disebut ring piston.Busi / spark plug
Busi adalah salah satu komponen pada mesin 2 tak, komponen ini berfungsi sebagai pemercik api, dikala di ruang silinder, terdapat bahan bakar dan udara yang telah dikompresi dan mempunyai suhu tinggi , disaat itulah sebuah nyala api dipercikkan oleh spark plug ini , sehingga di ruang silinder terjadi ledakan atau pembakaran. Akibat dari ledakan itulah menyebabkan piston terdorong dari TMA bergerak menuju ke TMB.Combustion chamber / ruang silinder
Pada mesin 2 tak ini , campuran bahan bakar dan udara yang dikabutkan akan dikompress di dalam ruang silinder ini. disaat kompresi pada puncaknya maka sebuah percikan api yang berasal dari busi dipercikkan sehingga di dalam ruang silinder inilah akan terjadi ledakan.Crankshaft
komponen pada mesin 2 tak yang dinamakan crankshaft ini bertugas sebagai pengubah gerakan piston naik turun diubah menjadi gerakan berputar.Connecting rod
komponen pada mesin 2 tak selanjutnya adalah connecting rod, alat ini berfungsi sebagai penghubung antara piston dengan crankshaft , ia sebagai penghubung antara gerakan piston yang naik turun untuk diubah menjadi gerakan berputar.Kepala silinder
Ini merupakan komponen pada mesin 2 tak yang terbuat dari logam campuran, dimana ia terbuat dari bahan yang di buat tahan panas. Di kepala silinder inilah busi di pasang. kepala silinder ini terletap di bagian paling atas dari sebuah blok mesin.Transfer port
ini adalah sebuah jalur atau ruangan kosong sebagai saluran bahan bakar yang bercampur dengan udara , yang tadinya berada di ruang crankcase dipindahkan menuju ke ruang silinder. gerakan bahan bakar tersebut akibat desakan dari piston yang bergerak dari TMA menuju ke TMB.Kekurangan dan Kelebihan Mesin Diesel 2 Tak
Kekurangan mesin diesel dua tak- Pelumasan mesin dua tak tidak sebaik mesin empat tak, mengakibatkan usia suku cadang dalam komponen ruang bakar relatif lebih rendah.
- Mesin dua tak memerlukan oli yang dicampur dengan bahan bakar (oli samping/two stroke oil) untuk pelumasan silinder mesin.
- Efisiensi mesin dua tak lebih rendah dibandingkan mesin empat tak.
- Mesin dua tak menghasilkan polusi udara lebih banyak, polusi terjadi dari pembakaran oli samping dan gas dari ruang bilas yang terlolos masuk langsung ke lubang pembuangan.
Kelebihan mesin diesel dua tak
- Mesin dua tak lebih murah biaya produksinya karena konstruksinya yang sederhana.
- Mesin dua tak lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin empat tak.
- Mesin dua tak lebih bertenaga dibandingkan mesin empat tak.
Demikianlah tentang Mengetahui Komponen Mesin Diesel 2 Tak
Diharapkan informasi ini bisa berguna untuk kamu dan sampai jumpa pada informasi terupdate Salsabin berikutnya. Salam.
"Kamu telah membaca Mengetahui Komponen Mesin Diesel 2 Tak dengan alamat link: https://salsabin.blogspot.com/2017/06/mengetahui-komponen-mesin-diesel-2-tak.html. Jika bermanfaat, silahkan di share ke sahabat-sahabat kamu. Ingatlah, 1 share adalah 1 kebaikan, jadi bagikanlah."
This post have 0 komentar
Terimakasih atas komentar positif yang anda berikan
EmoticonEmoticon