Kamis, 29 Juni 2017

Inilah 12 Bisnis Sampingan Karyawan, Modal kecil tetapi Menguntungkan

Inilah 12 Bisnis Sampingan Karyawan, Modal kecil tetapi Menguntungkan - Hallo sahabat SALSABIN informasi yang kamu lihat saat ini adalah tentang Inilah 12 Bisnis Sampingan Karyawan, Modal kecil tetapi Menguntungkan. Perlu diketahui bahwa Salsabin memberikan informasi ini dengan harapan berguna bagi kamu yang membutuhkannya. Semoga info yang berada pada kategori Bisnis, Karyawan, Modal, Untung, Usaha, ini dapat menambah wawasan kamu. Akhir kata dari kami, selamat membaca.

Baca juga


Menjadi karyawan apalagi bekerja di perusahaan besar memang menjadi cita-cita banyak orang, terutama untuk yang fresh graduate, karena dengan bekerja diperusahaan yang besar maka hidup kita lebih terjamin. Saat menjadi seorang karyawan baik di perusahaan besar maupun kecil tentunya kamu memiliki segudang impian untuk mewujudkan kebutuhan yang sempat tak terpenuhi. Namun ada masanya ketika menjadi karyawan kamu mengalami penat dan kebosanan tingkat tinggi, itulah masa di mana kamu harus mencari alternatif usaha sampingan yang menjanjikan.

Banyak juga karyawan yang beranggapan harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan. Tak heran, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha. Besar kemungkinan, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usahanya. Ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres dan pusing karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut. Dalam membuka usaha ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan, misalnya: Dana Usaha (Modal), Ketersediaan Sumber Daya, Tempat Usaha, Jenis Produk, dan Pemasaran. Berikut ini adalah 12 Bisnis Sampingan Karyawan, Modal kecil tetapi menguntungkan yang bisa kamu coba.

Jasa Laundry

Sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis, tidak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakain. Ini adalah peluang bagi kamu yang ingin memulai jasa laundry. Agar menguntungkan, hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah pangsa pasar. Sebaiknya cari tempat yang banyak mahasiswa dan karyawan swasta (atau pegawai negeri sipil). Mengapa? Karena mahasiswa dan karyawan adalah pangsa terbesar jasa ini.

Menjadi Penulis

Punya keahlian nulis itu banyak manfaatnya, apalagi kalau memang sudah “hobi.” Penghasilan penulis itu bervariasi, semua tergantung dari kamu juga. Lowongan penulis freelance juga banyak sekali. Apalagi saat ini banyak perusahaan startup yang butuh penulis untuk content. Menulis juga bisa dilakukan di sela kesibukan kamu, atau waktu makan siang. Asal jangan nulis pas meeting aja, nanti di-SP sama bos.


Bisnis Sampingan Karyawan

Jualan Pulsa dan Token Listrik

Ini juga tidak kalah umumnya, ditengah penetrasi pengguna smartphone yang kian melesat peluang bisnis untk jualan pulsa ini serasa tidak ada habisnya. Karena rata-rata pengguna smartphone kian meningkat. Belum lagi kebutuhan akan pulsa memang sangat banyak. Pulsa untuk telepon, pulsa SMS, belum lagi pulsa untuk paket data. Nah, sudah kebayang bukan peluang bisnisnya? Ada banyak celah yang dapat kita manfaatkan disini. Memang untung dari penjualan pulsa tidak terlalu banyak. Tetapi, ingat meskipun kecil tapi jangan lupakan faktor kalinya. Jika untung penjualan pulsa Rp 500-1.000 tiap transaksi dan sehari ada 100 transaksi kan sudah lumayan sehari dapat Rp 50.000 kan?

Web Developer

Kali ini berhubungan dengan keahlian, jika kamu memiliki ilmu spesial dalam pembuatan website atau blog atau biasa disebut dengan web developer ada baiknya segera memanfaatkan ilmu ini sebagai usaha. Di dunia yang sangat digital seperti saat ini, web developer sangat dibutuhkan untuk membuat bisnis seperti e-commerce, website, dan start up. Banyak orang ingin membuat bisnis dan melebarkannya secara global, namun tidak mengetahui bagaimana cara membuat website tersebut yang sangat penting dalam melebarkan bisnis secara global. Berdasarkan dari berbagai referensi dan sumber, harga jasa untuk membuat sebuah website atau blog sangat beragam, yakni berkisar dari Rp500.000 hingga Rp100 juta per website. Untuk harganya, tentu saja kamu harus menyesuaikan dengan kemampuan kamu dan desain website yang dikerjakan.

Membuat Warkop Sederhana

Ide bisnis sampingan lain yang bisa kamu coba adalah membuat warung kopi (warkop) sederhana. Usaha ini sangat cocok bila lokasi rumah kamu atau tempat yang kamu sewa terletak di seputar kampus atau kawasan industri. Secara hitung-hitungan di atas kertas, bisnis warkop sangat menjanjikan karena keuntungan yang diperoleh bisa berlipat-lipat. Sebagai contoh, modal segelas kopi adalah Rp2.000 dan kamu menjualnya seharga Rp4.000. Selain itu, kamu juga bisa menjual makanan dan minuman lain, seperti jus, teh manis, gorengan, dan mie instan rebus/goreng. Menarik bukan?

Jasa Cuci Motor

Di lingkungan kamu banyak pemilik motor? Mengapa tidak kamu coba membuat jasa cuci motor. Jenis usaha sampingan ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, dan peralatan semir ban motor. Sementara itu, dari sisi modal, kamu cukup memiliki Rp2 juta untuk memiliki jasa cuci motor sederhana. Modal ini lebih besar (Rp10 juta) jika kamu ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional. Alokasinya adalah Rp2 juta untuk sewa tempat, Rp5 juta untuk membeli peralatan, dan Rp3 juta untuk gaji seorang pegawai dan biaya operasional.


Bisnis Sampingan Karyawan

Membuka Usaha Kuliner

Peluang usaha berikutnya adalah berhubungan dengan dunia kuliner. Ya, urusan perut ini memang adalah peluang bisnis yang tiada matinya dari jaman dulu sampai ke masa depan. Mengapa demikian? Ya karena kuliner ini adalah kebutuhan primer manusia, sehingga sampai kapanpun usaha ini pasti akan tetap dibutuhkan di masyarakat. Nah, jika kamu memiliki hobi memasak maka kamu bisa memulai untuk bisnis kuliner ini. Mulai dari yang paling simple adalah jualan nasi bungkus ataupun gorengan. Jangan malu atau minder jika hanya jualan gorengan saja, yang penting pendapatannya besar.

Jasa Les Privat

Kamu memiliki keterampilan dalam berbahasa atau bermusik? Jika ya, keterampilan tersebut bisa kamu jadikan usaha sampingan dengan mendirikan jasa les privat. Bukan hanya menghasilkan uang, les privat tersebut bisa juga mengasah keterampilan kamu sehingga kamu tidak melupakannya. Biaya les privat yang harus dibebankan terhadap peserta bergantung pada kondisi ekonomi di tempat kamu. Jika kondisi ekonomi masyarakat kurang, tetapkan harga kursus setengahnya dari harga di kota besar. Jika sebaliknya, tetapkan harga yang sama dengan harga les privat serupa di kota besar. Harga tersebut bisa kamu peroleh dengan mencarinya di internet atau bertanya kepada teman kamu yang berdomisili di kota besar.

Jasa Menjahit Pakaian

Isteri kamu pintar menjahit pakaian? Mengapa keterampilannya tersebut tidak kamu wadahi dengan membuat jasa menjahit pakaian. Selain memaksimalkan hari isteri kamu (misalnya punya banyak waktu luang karena anak-anak sedang sekolah), usaha ini juga relatif tidak perlu ruangan khusus. Kamu bisa memanfaatkan ruang keluarga untuk memulainya. Meskipun demikian, isteri kamu sebaiknya memiliki ide-ide kreatif tentang model pakaian agar jasa menjahit kamu bisa bersaing dengan jasa menjahit yang sudah kamu.

Fotografer

Kamu memiliki hobbi fotografer? Mari pergunakan hobbi sekaligus keahlian kamu ini menjadi penghasil pundi-pundi rupiah di kantong kamu. Jikalau kamu rajin hunting dengan menggunakan kamera mirror lens, SLR, maupun pocket dengan pixel yang tinggi ada baiknya shoot foto objek dengan jumlah cukup banyak. Karena kamu dapat menjual stok foto tersebut ke beberapa website fotografi seperti photostock. kamu juga bisa menjualnya di kawan-kawan media yang membutuhkan stok foto untuk dipublikasikan. Lebih baik hasil foto kamu dipergunakan dengan berguna ketimbang hanya menjadi koleksi di desktop kamu.

Bisnis Sampingan Karyawan

Graphic Designer

Kamu lulusan Desain Grafis, tapi kerja jadi Asst Brand Manager. Udah pasti kerjaan kamu nggak lagi gambar-gambar dong. Hanya supervisi hasil desain yang dibuat tim atau bawahan kamu. Apa kamu nggak khawatir skill gambar kamu berkurang karena udah nggak pernah main photoshop lagi? Kenapa nggak jadiin skill gambar kamu sebagai usaha sampingan. Coba deh cari-cari job freelance di internet. Beberapa agency atau startup juga kadang sering pakai jasa desainer freelance kok.

Internet Marketer (IMers)

Nah, terakhir adalah kita menggeluti bisnis online. Bisnis online sekarang memang sedang marak-maraknya. Dengan penetrasi internet yang luar biasa, maka peluang untuk sukses di bisnis online menjadi semakin terbuka lebar. Ada banyak sekali model bisnis online yang dapat kamu geluti. Profit dari bisnis online itu sendiri juga tak kalah menjanjikan, tidak sedikit para IMers yang mendapatkan gaji jutaan rupiah, ada juga yang sampai puluhan bahkan milyaran rupiah tiap bulannya dari bisnis online. Karena itulah peluang menjadi bisnis online sangat terbuka lebar. Kamu bisa belajar bisnis online di tempat yang gratis ataupun berbayar.

Demikianlah tentang Inilah 12 Bisnis Sampingan Karyawan, Modal kecil tetapi Menguntungkan

Diharapkan informasi ini bisa berguna untuk kamu dan sampai jumpa pada informasi terupdate Salsabin berikutnya. Salam.

"Kamu telah membaca Inilah 12 Bisnis Sampingan Karyawan, Modal kecil tetapi Menguntungkan dengan alamat link: https://salsabin.blogspot.com/2017/06/inilah-12-bisnis-sampingan-karyawan.html. Jika bermanfaat, silahkan di share ke sahabat-sahabat kamu. Ingatlah, 1 share adalah 1 kebaikan, jadi bagikanlah."

This post have 0 komentar

Terimakasih atas komentar positif yang anda berikan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post