Sabtu, 10 Juni 2017

Pengertian Struktur Organisasi Serta Macam-Macam Bentuknya

Pengertian Struktur Organisasi Serta Macam-Macam Bentuknya - Hallo sahabat SALSABIN informasi yang kamu lihat saat ini adalah tentang Pengertian Struktur Organisasi Serta Macam-Macam Bentuknya. Perlu diketahui bahwa Salsabin memberikan informasi ini dengan harapan berguna bagi kamu yang membutuhkannya. Semoga info yang berada pada kategori Sosial, Struktur Organisasi, ini dapat menambah wawasan kamu. Akhir kata dari kami, selamat membaca.

Baca juga


Pengertian Struktur Organisasi

Apakah kamu tergabung dalam sebuah organisasi? tahukah kamu bahwa organisasi sebenarnya mempunyai struktur yang cukup kompleks? pada kesempatan kali ini, Salsabin akan membahas mengenai pengertian struktur organisasi serta macam-macam bentuknya. Sebuah organisasi terdiri dari banyak sekali kegiatan dan sebuah pola hubungan yang semakin kompleks. Maka dari itu, perlu dibuat sebuah bagan yang menggambarkan tentang hubungan tersebut, termasuk hubungan masing- masing kegiatan atau fungsi. Bagan tersebut seringkali disebut dengan bagan organisasi atau struktur organisasi.

pengertian struktur organisasi dan macam-macam bentuk struktur organisasi


Macam-macam Bentuk Struktur Organiasasi

Perlu kamu ketahui bahwa yang menjadi dasar dari struktur organisasi ini adalah pembagian kekuasaan (authority/ otoritas ) dan tanggung jawab ( responsibility ). Berikut ini adalah macam- macam bentuk struktur organisasi serta kekurangan dan kelebihannya :

Organisasi Fungsional

Dalam struktur Organisasi Fungsional, masing-masing manajer adalah seseorang spesialis atau ahli sedangkan masing-masing bawahan/pekerja mempunyai beberapa pimpinan.

Kekurangan:
  1. Membingungkan para pekerja karena tidak ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah
  2. Tidak ada hubungan garis secara langsung dengan atasan
  3. Kesulitan-kesulitan yang timbul tidak dapat secara cepat diatasi
  4. Kurangnya koordinasi sering menimbulkan perselisihan di antara para manajer.

Kelebihan:
  1. Masing-masing fungsi dipegang oleh orang yang ahli dalam bidangnya
  2. Tugas para manajer lebih ringan

Organisasi Matrik

Pengertian/ Definisi dari Organisasi matrik adalah struktur organisasi dimana para spesialis dari bagian-bagian yang berbeda disatukan untuk mengerjakan proyek khusus.

Kekurangan:
  1. Beberapa masalah dapat muncul karena pendekatan ini melanggar prinsip kesatuan perintah yang tradisional
  2. Manajer proyek dapat menjumpai kesulitan dalam mengembangkan tim terpadu dari orang-orang yang berasal dari bagian-bagian yang berbeda
  3. Konflik dapat muncul antara manajer proyek dengan manajer-manajer lain.

Kelebihan:
  1. Luwes/ Fleksibel
  2. Memberikan metode untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah utama yang spesifik/persoalan-persoalan teknis yang unik
  3. Memberikan alat inovasi tanpa mengganggu struktur organisasi yang ada

Organisasi garis dan staff

Organisasi garis dan staff adalah kombinasi yang diambil dari keuntungan-keuntungan adanya pengawasan secara langsung dan spesialisasi dalam perusahaan, hubungan antara pimpinan dengan bawahan langsung seperti ini dinamakan hubungan garis dan staff.

Kekurangan:
  1. Kadang-kadang staf tidak lagi memberi saran tetapi perintah
  2. Dapat menimbulkan anggapan pada petugas untuk lebih percaya kepada staf daripada atasan
  3. Staff dapat ikut disalahkan apabila saran yang diberikan tidak memperoleh hasil.

Kelebihan:
  1. Pimpinan lebih leluasa memberi saran terhadap tugas khusus di luar bagian
  2. Staf dapat membantu untuk mengatasi berbagai persoalan
  3. Staf dapat mendidik para petugas
  4. Ada kesatuan dalam pimpinan sehingga menciptakan aliran kekuasaan dengan jelas.

Organisasi Komite


Kekurangan:
  1. Kesulitan dalam mempersiapkan pertemuan
  2. Keharusan untuk berkompromi
  3. Sering menimbulkan simpang siur dalam organisasi
  4. Tidak mempunyai kekuasaan untuk mendukung saran yang diberikan.

Kelebihan:

  1. adalah sebuah forum untuk saling bertukar pendapat antar anggota organisasi/ perusahaan
  2. Keputusan ditentukan bersama-sama
  3. Menciptakan koordinasi yang lebih baik
  4. Meningkatkan pengawasan.

Organisasi garis


Kekurangan:
  1. Sering terdapat birokrasi yang menghambat jalannya perusahaan
  2. Tidak adanya spesialisasi tugas
  3. Kurangnya kerjasama antara masing- masing bagian/ department/ divisi.

Kelebihan:

  1. Ada kesatuan dalam pimpinan dan perintah
  2. Pimpinan dapat lebih cepat dalam mengambil keputusan
  3. Pimpinan dapat lebih cepat dalam memberi perintah
  4. Biaya lebih hemat


Demikianlah tentang Pengertian Struktur Organisasi Serta Macam-Macam Bentuknya

Diharapkan informasi ini bisa berguna untuk kamu dan sampai jumpa pada informasi terupdate Salsabin berikutnya. Salam.

"Kamu telah membaca Pengertian Struktur Organisasi Serta Macam-Macam Bentuknya dengan alamat link: https://salsabin.blogspot.com/2017/06/pengertian-struktur-organisasi-serta-macam-macam-bentuknya.html. Jika bermanfaat, silahkan di share ke sahabat-sahabat kamu. Ingatlah, 1 share adalah 1 kebaikan, jadi bagikanlah."

This post have 0 komentar

Terimakasih atas komentar positif yang anda berikan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post